10 Destinasi Wisata Prioritas “Bali Baru” Pemerintah 2016
5 (100%) 1 vote

 

Pemerintah saat ini sangat serius dibidang pariwisata. Hal ini terlihat dengan tingginya target kunjungan wisatawan. Tahun 2019 pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan domestik 275 Juta dan untuk wisatawan mancanegara sebesar 20 Juta turis. Untuk itu, Pemerintah menjadikan beberapa tempat wisata sebagai prioritas selain bali yang sudah dikenal. Makanya, disebut sebagai “Bali Baru” diharapkan indonesia bukan hanya dikenal dengan bali nya.

Beberapa kementrian seperti Kementrian Pariwisata, Kementrian Perhubungan, Kemenko Maritim, serta Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus bersinergi  menyiapkan akses untuk menghubungkan ke-10 destinasi tersebut. Pembangunan infrastruktur seperti bandara, jalan, dan penginapan juga terus dibenahi.

Penasaran tempat wisata mana saja? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Mandalika (Nusa Tenggara Barat NTB)

mandalikaSumber: backpackerjakarta.com
backpackerjakarta.com

Mandalika, konon katanya adalah seorang puteri cantik jelita yang dilamar beberapa pangeran, tetapi lebih memilih terjun ke laut daripada memilih satu diantaranya dan menjelma menjadi nyale. Nama puteri cantik itulah yang akhirnya dipakai untuk kawasan wisata yang menawarkan panorama alam memukau diantaranya Pantai KutaPantai GerupukTanjung Aan, Pantai SegerSerentingPantai Ubrug.

Mandalika tidak hanya terkenal dengan wisata alamnya saja, tetapi juga budayanya. Yang paling terkenal adalah Festival Bau Nyale, yang dilakukan pada bulan tertentu. Kamu boleh loh ikut serta dalam pencarian nyale dengan penduduk setempat.

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia. Di tahun mendatang kawasan Mandalika yang ada di NTB menjadi prioritas kunjungan wisatawan. Pasalnya di kawasan ini tengah dibangun resort bertaraf internasional. Tak hanya itu, untuk mendukung aktivitas pariwisata, kawasan ini juga telah dibangun infrastruktur yang memudahkan wisatawan.

Baca Juga : Wisata Wajib anda Kunjungi di KEK Mandalika, Lombok NTB

2. Pulau Morotai (Maluku Utara)

Pulau-MorataiSumber: www.piknikdong.com
www.piknikdong.com

Morotai adalah sebuah pulau kecil yang terletak disebelah utara Pulau Halmahera, Maluku Utara. Pulau ini berbatasan laut dengan beberapa negara lain seperti Filipina, China, Taiwan, dan negara kepulauan lain di Pasifik. Pulau ini dahulu pernah beberapa kali dikuasai oleh negara asing untuk dijadikan pangkalan militer karena letaknya yang sangat strategis di Pasifik.

Keindahan alam yang bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Morotai adalah Pantai Dodola, Kolorai, Tanjung Gorango, Air Terjun Bunga Kokota, Air Kaca Morotai (dahulu tempat mandi Jenderal Mac Arthur pada saat PD II), Pulau Kokoya, Pulau Tubailenge, Pantai Rorasa.

Selain itu kamu bisa melanjutkan wisata sejarah dengan mengunjungi Landasan Pitu, Tank Amphibi peninggalan PD II, Museum PD II, Army Dock and Navi Base.

3. Tanjung Kelayang (Kepulauan Bangka Belitung)

tanjung kelayangSumber: www.belitungdreamland.com
www.belitungdreamland.com

Belitung merupakan gudang bagi banyak pantai yang indah. Salah satu pantai menawan yang ada di Belitung adalah Tanjung Kelayang. Hamparan pasir putih dan bebatuan cadas menjadikan pantai memiliki ciri khasnya tersendiri. Pembangunan infrastruktur dan pengelolaan pantai menjadi fokus perbaikan ke depan.

Tanjung Kelayang memiliki laut biru dengan warna kehijauan, gelombangnya tenang dengan pasir putih yang halus ditambah dengan hiasan batu granit yang besar menjadi suatu kombinasi keindahan yang tidak dapat diupungkiri.

Saat sampai di Tanjung Kelayang kamu akan disambut dengan tulisan “Welcome To Belitung” dengan ukuran tulisan yang cukup besar dan berwarna merah.

Di seberang pantai kamu akan dibuat terpukau dengan hadirnya pulau dari tumpukan batu granit raksasa, yang membentuk formasi mirip dengan kepala burung. Pulau ini disebut dengan Batu Garude.

4. Danau Toba (Sumatera Utara)

Danau TobaSumber: http://starberita.com
http://starberita.com

Danau Toba tak hanya terkenal dikalangan wisatawan dalam negeri saja. Danau terbesar di Asia Tenggara ini bahkan menjadi salah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi oleh para wisatawan asing saat berkunjung ke Indonesia. Ketika kamu pertama kali datang maka hamparan birunya air yang terbentang luas siap menyapamu. Hijaunya bentangan bukit juga siap untuk memanjakan mata. Bukan keindahan alam saja yang ditawarkan oleh Danau Toba. Sejarah terbentuknya danau ini serta budaya masyarakatnya juga menjadi daya tarik lain kenapa banyak orang ingin mengunjungi tempat ini. Saking luasnya, Danau Toba masuk dalam tujuh wilayah kabupaten di Propisnsi Sumatra Utara yaitu Kabupaten Tapanuli Utara, Karo, Toba Samosir, Samosir, Dairi, Humbang Hasundutan, dan Simalungun.

5. Wakatobi (Sulawesi Tenggara)

WakatobiSumber: https://festival-indonesia.id
https://festival-indonesia.id

Taman Nasional Wakatobi sudah dikenal oleh dunia sejak Ekspedisi Wallacea yang dilakukan pada tahun 1995. Hasil ekspedisi tersebut menyebutkan bahwa perairan di Wakatobi kaya akan spesies koral. Setidaknya ada 750 jenis koral dari 850 spesies koral yang ada di dunia bisa ditemukan di perairan ini. Bagian terdalam di perairan Wakatobi mencapai 1.044 meter.

Wakatobi tidak akan pernah lepas dari wisata bahari dan keindahan bawah lautnya yang begitu menakjubkan. Namun, ternyata Wakatobi juga menyimpan destinasi epic lainnya.

Jadi jika kamu punya kesempatan ke sana jangan lupa menjelajah pesona Wakatobi berikut ini: Taman Nasional Wakatobi, Air Terjun Moramo, Benteng Keraton Buton, Permandian Tamborasi, Pantai Taipa, Pantai Bokori, Pantai Toronipa, Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai, Pantai Nirwana, Pantai Katembe.

6. Candi Borobudur (Jawa Tengah)

candi borobudurSumber: Tribunnews.com
Tribunnews.com

Candi yang terletak di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini adalah  tempat wajib yang harus dikunjungi baik oleh wisatawan lokal dan maupun wisatawan  asing yang sedang berkunjung ke Indonesia. Situs warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO ini selain sebagai cagar budaya, juga menawarkan tempat wisata yang selalu berhasil menarik wisatawan untuk datang.

Di sini kamu bisa liburan sekaligus belajar tentang seni sastra, budaya, dan juga arsitektur. Buat kamu yang hobi fotografi, kamu akan dimanjakan oleh setiap sudut candi yang bisa kamu abadikan.

Selain itu, kamu juga bisa membuktikan mitos kunto bimo yaitu bagi siapa saja yang berhasil merogoh ke dalam rongga stupa dan dapat menyentuh bagian tubuh tertentu dari arca Budha di dalamnya maka akan diberkati dengan keberuntungan dan keinginannya akan terkabul.

7. Kepulauan Seribu (Jakarta)

Kepulauan SeribuSumber: youtube.com
youtube.com

Jakarta tidak hanya menawarkan hingar bingar Kota Metropolitan saja, tetapi di sudut lain kota ini juga menawarkan panorama elok memesona, tepatnya di Kepulauan Seribu daerah Jakarta Utara.

Setidaknya ada sekitar 15 pulau yang bisa kamu jelajahi dan menyuguhkan panorama alam tidak kalah dari Maladewa diantaranya Pulau Lancang, Karya, Untung Jawa, Tidung, Pramuka, Harapan, Anyer, Bidadari, Onrust, Kotok, Putri, Sepa, Pari, Kelor, Air, Papatheo Island.

Selain menjadi resort island, kepulauan ini dikenal dikenal sebagai taman nasional laut dengan cagar laut seluas 106 ribu kektar. Secara administrasi, Kepulauan Seribu terdiri dari tiga kelurahan, yaitu Kelurahan Pulau panggang, Pulau Kelapa, dan Pulau Harapan. Ketiga kelurahan tersebut dibagi menjadi empat zona, yaitu zona inti, zona perlindungan, zona pemanfaatan wisata, dan zona pemukiman. Untuk mengunjungi Kepulauan Seribu dapat dicapai menggunakan kapal kecil yang bersandar di Marina Ancol.

8. Tanjung Lesung (Banten)

Tanjung lesungSumber: http://marketeers.com
http://marketeers.com

Pantai Tanjung Lesung terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Jaraknya hanya sekitar 160 km dari Jakarta dan dapat ditempuh kurang lebih selama kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Selain punya pemandangan yang cantik, alasan lain pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama dari Jakarta adalah karena jaraknya yang cukup dekat. Apalagi sekarang akses kesana lebih mudah. Selain itu terdapat banyak pilihan akomodasi untuk menginap.

9. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur)

gunung bromoSumber: eloratour.wordpress.com
eloratour.wordpress.com

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) adalah taman nasional yang terletak di Jawa Timur dan masuk dalam daftar 10 Destinasi Wisata Prioritas oleh pemerintah. Luasnya mencapai 50.276 hektare dan berada dalam 4 wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Probolinggo. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, terutama wisata alamnya.

Kamu bisa datang ke Ranu Pane, Ranu Regolo, Bukit B-29 atau B-30, Coban Pelangi, Coban Trisula, Pananjakan Bromo dan Bromo sunrise view point, kawah Bromo, Pura Luhur Poten, Pasir Berbisik Bromo, Bukit Teletubies Bromo, Madakaripura, Ranu Darungan, Ranu Klakah, Pendakian Gunung Semeru.

10. Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur)

Labuan BajoSumber: backpackerjakarta.com
http://www.meteoweb.eu

Kota pelabuhan yang berada di ujung barat Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ini merupakan salah satu gerbang menuju Pulau Komodo. Di kota ini terdapat Bandara Komodo yang melayani penerbangan ke beberapa kota lain seperti Denpasar untuk mempermudah wisatawan yang hendak berkunjung ke Pulau Komodo. Labuan Bajo ternyata tidak kalah cantik. Kota ini menawarkan banyak pemandangan alam yang sangat sayang untuk dilewatkan.