Wisata Wajib anda Kunjungi di KEK Mandalika, Lombok NTB
5 (100%) 2 votes

Mandalika merupakan salah satu dari 10 Destinasi Wisata Prioritas dari Pemerintah pada tahun 2016. Akhirnya Pada tanggal 20 Oktober 2017, Mandalika diresmikan oleh Presiden sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan sektor pariwisata di mandalika. Terletak di bagian Selatan Pulau Lombok, KEK Mandalika ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 52 Tahun 2014 untuk menjadi KEK Pariwisata. Dengan luas area sebesar 1.035,67 Ha dan menghadap Samudera Hindia, KEK Mandalika diharapkan dapat mengakselerasi sektor pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat yang sangat potensial.

Karena pembangunan baru dimulai tahun lalu, saat ini kawasan KEK Mandalika juga masih tergolong minim fasilitas. Dari segi penginapan, sebagian besar masih berupa homestay atau hotel lokal berbintang dua atau tiga.

Meski begitu dengan proses pembangunan yang sedang digenjot, tidak sulit untuk membayangkan majunya kawasan Mandalika mulai beberapa tahun ke depan. Selain itu, Ada wacana akan diadakannya pembangunan sirkuit MotoGP 2019. Luar biasa sekali apabila hal ini terwujud. Harapannya mandalika dapat menjadi salah satu ikon wisata berkelas yang membanggakan bagi seluruh warga Indonesia.

Baiklah kita fokus ke wisata yang ada di KEK Mandalika, Berikut Ulasannya dari Maiwiz:

1. Pantai Kuta Mandalika

pantai kuta lombokSumber: wisatalombokyes.com

Pantai Kuta tak hanya milik Bali saja. Pantai dengan pasir berwarna putih ini terletak sebuah desa bernama Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7,2 Kilometer.  Desa Kuta mulai menjadi tempat tujuan wisata yang menarik di Indonesia sejak didirikannya banyak hotel-hotel baru. Kawasan Pantai Kuta kini menjadi yang paling berkembang dibanding spot lain di Mandalika. Fasilitasnya lumayan lengkap, apalagi dekat Masjid Agung Nurul Bilad yang baru diresmikan Presiden Jokowi.

Di Kuta Bali, aktifitas wisata  yang dapat dilakukan hanya sebatas menikmati keindahan panorama pantai, berenang dan surfing, sedang di Pantai Kuta Mandalika selain ketiga aktifitas tersebut masih ada aktifitas menarik lainnya, yaitu menikmati pemandangan bawah laut dengan melakukan diving dan snorkeling, serta melakukan tracking mendaki Bukit Mandalika untuk menikmati keindahan lukisan alam dari atas ketinggian.

2. Pantai Seger

Pantai SegerSumber: backpackerjakarta.com

Di sebelah timur Pantai Kuta, ada yang namanya Pantai Seger dengan bentuk seperti tanjung.Pantai Seger Lombok merupakan destinasi favorit di wilayah Lombok Tengah bagian selatan karena memiliki struktur alam  yang unik dan sangat indah. Mulai dari gugusan bukitnya yang beragam bentuk, pantai berpasir putih, karang yang masih terjaga dan ombaknya yang menjadi favorite  para surfer, membuatnya memiliki daya tarik tersendiri.

Pantai ini merupakan kawasan yang cukup luas yang terbagi menjadi beberpa tempat untuk dapat menikmati keindahannya dan di setiap tempat Anda dapat melakukan aktifitas liburan yang berbeda. Selain itu, Pantai Seger mempunyai daya tarik tersendiri karena punya event tahunan yaitu Festival Bau Nyale.

3. Festival Bau Nyale

festival bau nyale 2018Sumber: http://kabare.id
festival bau nyale 2018

festival bau nyale 2018 Setiap tahunnya diadakan, masyarakat Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan dari Putri Mandalika. Perayaan ini merupakan budaya yang unik dan menarik wisatawan baik lokal maupun internasional. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini. Seperti menikmati tarian adat Sasak yang khas, menyaksikan rumah khas, belajar membuat kain tenun, dan banyak lainnya.

4. Pantai Serenting

pantai serentingSumber: youtube.com

Tak jauh dari pantai Seger, terdapat sebuah pantai pasir putih lainnya bernama Serenting. Meskipun tidak terlalu terkenal, pantai ini sangat bersih dan indah. Di ujung pantai terdapat sebuah bukit yang akan memberikanmu pemandangan keseluruhan pantai yang sungguh menawan.

Pantai Serenting ada di sebelah timur Pantai Seger. Garis pantainya lebih panjang dari Pantai Seger. Pantai Serenting juga menjadi area yang masuk dalam Festival Bau Nyale. Kalau Pantai Seger terlalu penuh warga dan wisatawan saat Festival Bau Nyale, mereka akan meluber sampai ke Pantai Serenting.

5. Bukit Merese

bukit mereseSumber: www.dilombok.com

Bisa dibilang Bukit Merese adalah spot terbaik untuk menikmati pemandangan Mandalika dari ketinggian. Bukit Merese letaknya di antara Pantai Serenting dan Pantai Tanjung Aan.

Perjalanan naik ke atas bukit juga seru dan membakar kalori. Bukit ini juga cukup luas areanya, jadi banyak pilihan tempat dan latar belakang untuk berfoto. Menatap ke arah Tanjung Aan atau ke Pantai Serenting, semua sama indahnya.

Dari atas bukit ini kita bisa melihat keindahan panorama yang tidak akan terlupakan. Kita bisa melihat terumbu karang dari atas bukit karena air yang jernih. Selain itu kita pun bisa melihat sunset yang menawan dari atas bukit ini. Sungguh tempat yang tepat untuk jatuh cinta.

6. Pantai Tanjung Aan

pantai tanjung aan, lombokSumber: triptrus.com

Di sebelah timur Bukit Merese ada Pantai Tanjung Aan. Pasir putih menghampar di garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit ini. Pantai Tanjung Aan adalah favorit wisatawan karena lebih sepi dari Pantai Kuta. Lebih banyak turis mancanegara dibandingkan turis lokal. tapi pemandangannya lebih indah. Dari jauh, pantai ini seperti kolam renang pribadi, karena sekelilingnya berupa perbukitan hijau berketinggian rendah.

Terdapat sebuah bukit yang sangat mudah dijangkau supaya lebih asyik menikmati keindahan pantai Tanjung Aan dan Batu Payung. Selain itu, ada ayunan banyak dijadikan lokasi foto Instagramable, serta banyak pohon rindang untuk piknik.

7. Pantai Batu Payung

pantai batu payung, mandalikaSumber: pegipegi.com

Pantai Batu Payung di Lombok Tengah terkenal karena ada sebuah karang besar yang mirip payung di pesisirnya. Merupakan primadona di kalangan pantai-pantai Lombok. Uniknya, Pantai Batu Payung tidak memiliki hamparan pasir putih dan hanya terdiri dari batuan dan karang besar mirip payung. Hati-hati saat menyusuri batuan, karena lumut yang menempel begitu licin.

Batu Payung hanya terdiri dari bebatuan dan karang besar, aksesnya cukup mudah, walau kondisi jalannya kurang bagus. Batu Payung merupakan salah satu tempat terbaik menikmati matahari terbenam.

8. Pantai Gerupuk

pantai gerupuk, mandalikaSumber: lombokbookingtrip.com

Buat pemburu ombak ganas, Pantai Gerupuk adalah spot yang pas! Lokasinya ada di ujung Timur Mandalika. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara rela berbodong-bondong membawa papan selancar buat menjajal ombak di Pantai Gerupuk. Sunset di Pantai Gerupuk juga dianggap sebagai salah satu yang terbaik di Kawasan Mandalika. Jadi, wajib banget kamu mampir ke sini.

Video Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika

Keren-keren ini wisata di mandalika. Ini pun masih dalam proses pengembangan serta mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Bukan tidak mungkin Mandalika akan menjadi distinasi wisata terbaik diindonesia yang bahkan bisa mengalahkan Bali. Buat yang punya badget dan waktu bisa kesana, mumpung masih sepi bro. buat yang belum disimpan dulu uangnya buat perjalanan kesana.