Surfing Menantang Ombak di Pantai Gerupuk, Lombok, NTB
5 (100%) 2 votes

Pantai gerupuk telah dikenal oleh para wisatawan sebagai salah satu lokasi surfing yang luar biasa. Pantai Gerupuk terbentang di pesisir selatan Pulau Lombok. Pantai ini terletak di Desa Gerupuk, Kecamatan Lombok Tengah. Kawasan ini terdapat beberapa titik surfing dengan tingkatan berbeda, mulai dari tingkat pemula sampai dengan area surfing dengan level yang lebih tinggi. Nah, buat kalian yang suka tantangan dan sedang berada di mandalika, lombok. Tidak ada salahnya mencoba tantangan satu ini.

 

Transportasi Menuju Ke Pantai Gerupuk dan Teluk Gerupuk

Pantai gerupuk transportasiSumber: www.lombokinfoterbaru.com

Lokasi pantai berada di sebelah timur dari Pantai Kuta Lombok dengan jarak sekitar 8 km, dan berjarak sekitar 4 km dari Tanjung Aan. Setelah tiba di pantai ini, terdapat dermaga yang siap untuk mengantarkan Anda menuju ke Teluk Gerupuk.

Moda transportasi yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk menuju ke Pantai Gerupuk adalah mobil dan motor. Anda bisa menyewa mobil dari kota Mataram atau naik ojek dari Pantai Kuta Lombok.

Jika ingin mencoba kenyamanan angkutan umum di Pulau Lombok, dari kota Mataram terdapat angkutan umum jurusan Mataram-Bertais-Praya hingga sampai di Sengkol. Dari Sengkol, Anda berpindah angkutan dengan jurusan Sengkol-Kuta.

Kemudian, perjalanan ini akan dilanjutkan dengan menggunakan jasa ojek dari Kuta sampai ke Pantai Gerupuk.

Kegiatan yang dapat dilakukan di Pantai Gerupuk

 

Pantai Lombok yang satu ini terkenal dengan ombaknya yang sangat cantik, yang akan menghantarkan Anda pada sensasi adrenalin. Pantai Gerupuk juga terbilang indah, dengan deburan ombaknya yang cukup besar. Anda bisa mengunjungi lima tempat yang akan memuaskan hobi surfing Anda. Spot surfing tersebut mempunyai dua nama yaitu bahasa setempat dan bahasa internasional. Hal ini terjadi karena jumlah wisatawan mancanegara lebih banyak dari pada wisatawan domestik. Yaitu Batu Teong (Dondon), Prigi (Inside), Giligoleng (Outside), Batu Lawang (Kids Point), dan Terasaq (Outside Left).

1. Batu Teong (Dondon)

Pantai gerupuk dondonSumber: sutra-guide.com

Don-Don adalah Spot surfing satu ini termasuk mudah, cocok untuk semua level. Ini adalah tepat terjauh di dalam teluk, dan oleh karena itu membutuhkan ombak yang banyak agar bisa berjalan. Yang terbaik adalah saat arus keluar ketika angin bertiup. Jika Anda mencari banyak kesenangan, cobalah Don-Don.

2. Prigi (Inside)

Pantai gerupuk insideSumber: sutra-guide.com

Gerupuk Inside adalah spot ini juga cocok untuk semua tingkatan. Bagian bawahnya adalah lapisan terumbu lunak yang tidak menyebabkan banyak kerusakan. Spot ini terlindung dari bukit-bukit sekitarnya, sehingga dapat menahan sebagian besar angin. Hampir selalu ada orang berselancar di sini. Ini adalah spot paling populer di Teluk Gerupuk.

3. Giligoleng (Outside Right)

Pantai gerupuk outside rightSumber: sutra-guide.com

Outside Right adalah right-hander padat yang bisa sangat berat, dengan tetes besar dan bagian dalam yang cepat. Spot ini hanya naik perahu singkat dari desa dan cocok untuk peselancar menengah. Tidak dapat berselancar saat air surut dan paling baik pada saat pasang naik dengan 4-8 kaki.

4. Batu Lawang (Kids Point)

Pantai gerupuk kids pointSumber: sutra-guide.com

Kidspoint adalah right-hander lainnya dengan arus masuk yang terbaik, cocok untuk semua level. Perlu ombak yang sangat besar untuk bekerja, tetapi ketika meluncur itu cepat,hampa dan kadang-kadang berdering.

5. Terasaq (Outside Left)

Pantai gerupuk outside leftSumber: sutra-guide.com

Outside Left berada di teluk seberang Kanan luar. Ini adalah left-hander yang tidak konsisten yang bisa sangat bagus, cocok untuk peselancar berpengalaman.

 

Anda bisa mencoba untuk berlayar dengan menggunakan kapal ke sebuah kawasan teluk, di sana telah menanti gulungan ombak yang begitu menantang. Teluk ini dikenal dengan nama Teluk gerupuk Anda tidak perlu bersusah payah mencari kapal tersebut, karena di Pantai Gerupuk terdapat dermaga yang telah terbiasa melayani para wisatawan yang ingin berselancar ataupun memancing ikan. Tarif kapal tersebut sekitar Rp 300.000.

Jika ingin dipakai untuk memancing ikan, harga sewa kapal kurang lebih Rp 400.000/hari namun di luar biaya bahan bakar. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan perahu tradisional nelayan dengan harga yang lebih murah. Perahu nelayan ini hanya bisa mengangkut hingga 5 orang.

Setelah puas beraktivitas di air, Anda bisa berjalan-jalan di pedesaan sekitar pantai. Di sepanjang jalan, Anda akan menemui kafe-kafe yang dikelola oleh penduduk setempat. Tak sedikit yang juga mengubah rumahnya menjadi homestay. Setelah berjalan agak jauh Anda akan menemukan tenda yang berwarna-warni. Di situ Anda bisa menyaksikan para perempuan setempat sedang membersihkan rumput laut hasil panen, yang dikemas ke dalam bungkusan besar. Bungkusan rumput laut itu kemudian akan dikirim ke Pulau Bali dan Pulau Jawa (Surabaya).

Beberapa Fasilitas Yang Terdapat di Pantai Gerupuk

  • Lahan untuk parkir kendaraan.
  • Penginapan mulai dari kelas homestay hingga hotel.
  • Warung atau kedai yang menyajikan makanan dan minuman sederhana.
  • yang akan mengantarkan wisatawan menuju ke Teluk Gerupuk dan juga bisa dipakai sebagai sarana untuk memancing ikan.
  • Tempat ibadah (Musholla).
  • Kamar mandi atau toilet.
  • Apabila wisatawan tidak ingin menginap di kawasan wisata Pantai Gerupuk, Anda bisa mencari penginapan di wilayah Pantai Kuta Lombok, kota Praya atau di kota Mataram.

Itulah tadi sedikit gambaran tentang asiknya bisa berselancar di pantai gerupuk. Setelah puas dengan Pantai Gerupuk terdapat beberapa tempat wisata Pulau Lombok berada tak jauh dari Pantai Gerupuk. Sehingga Anda bisa menjadwalkan untuk berkunjung ke beberapa tempat. Seperti Pantai Kuta, Pantai Mawun, Pantai Selong Belanak, dan Desa Sade. Wisata tidak ini tidak kalah dengan keindahan pantai Gerupuk.